NEWS daisuki~
recently addicted to DISH//

*Yoroshiku Onengaishimasu*
Thanks for reading my blog m(_ _)m

Jumat, 18 Juni 2010

Hasil Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional 2010 Bagi Mahasiswa dan Umum ke 39

Pada hari Sabtu, 12 Juni 2010 telah diselenggarakan Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Mahasiswa dan Umum Tingkat Nasional ke-39. Pesertanya berjumlah 14 orang yang terdiri dari mahasiswa bahasa Jepang, pemenang lomba pidato tingkat daerah dari berbagai wilayah di Indonesia, yaitu wilayah Jabodetabek (3), Jawa Barat (3), Yogyakarta (2), Jawa Timur (2), Sumatera (2), Bali (1) dan Sulawesi (1)

Acara yang diselenggarakan oleh the Japan Foundation, Jakarta bekerjasama dengan PERSADA (Persatuan Alumni dari Jepang) dan Radio Republik Indonesia serta dukungan JAL (Japan Airlines), Jakarta Japan Club, Panasonic, PT Hoyu Indonesia, Kracie, Kedutaan Besar Jepang dan JOEA (Japan Overseas Enterprise Association) ini diadakan di Auditorium Radio Republik Indonesia serta disiarkan secara nasional.

Lebih dari 200 bangku penonton di bagian bawah terisi oleh penonton yang umumnya adalah para mahasiswa bahasa Jepang di Jakarta dan sekitarnya. Beberapa peserta dari luar kota pun membawa suporternya. Hari itu yang bertindak sebagai juri adalah Bapak Masaki Tani- Director of Information and Culture Center Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Bapak Alwi Hasan-anggota PERSADA, Bapak Hiroyuki Tanaka – Director Passenger Sales JAL, Bapak Suganuma Ichiro –President Director PT.Panasonic Manufacturing Indonesia, Bapak Shimizu Chikara-Sekjen The Jakarta Japan Club Foundation dan ibu Murakami Sonoko-JOVC (Japan Overseas Cooperation Volunteers) JICA ( Japan International Cooperation Agency).
Pada kesempatan lomba ini pula, Dubes Jepang untuk Indonesia, Mr. SHIOJIRI Kojiro berkenan hadir sekaligus memberikan kata sambutan serta memberikan tanda penghargaan kepada Pemenang Lomba di akhir lomba.

Peserta lomba tingkat nasional ini telah menampilkan beragam tema pidato menarik, antara lain mengupas aspek sosial, budaya dan masyarakat Jepang serta masyarakat Indonesia, juga tentang hubungan kedua bangsa ini. Peserta yang berhasil menjadi Juara I dan II, selain mendapat piala dan hadiah dari pendukung acara, juga mendapat hadiah tiket Pesawat Jakarta-Tokyo PP. untuk berkunjung ke Jepang selama satu minggu sebagai wakil dari Indonesia dalam acara “ASEAN Speech Contest” yang dilaksanakan di Tokyo pada pertengahan bulan Oktober 2010.

Seluruh peserta telah tampil sangat prima namun pemenang yang berhasil merebut perhatian juri adalah ;

Juara I : GINANIO RIVAYANTI BABAY (Universitas Dharma Persada, Jakarta)
Tema : ‘Gomikara Ikiru ‘Nihon kara Gomi ni Tsuite Manabu’ ( Hidup dari Sampah : Belajar Pengelolaan Sampah dari Jepang)
Juara 2 : AULIYA AGUNG BARKAH (Universitas Komputer Indonesia,Bandung)
Tema : ‘Anata ha Hon o Kaotosurutoki Ichiban Saisho ni Doko o Mimasuka?’ (Apa yang Anda Lihat Pertama Kali Saat Membeli Sebuah Buku?)
Juara 3 : YOZA ACHMAD ADIDAYA (Universitas Komputer Indonesia,Bandung)
Tema : ‘Tsutaeyo Kansha no Kotoba’ (Mari Kita Ucapkan Terima Kasih)
Juara 4 : DWINDA NAFISAH NURINSIYAH (Universitas Padjadjaran, Bandung)
Tema : ‘Kyoumi kara Nihon go o Manabu’ (Belajar Bahasa Jepang dari Hobby)

Acara yang disaksikan oleh masyarakat Indonesia dan Jepang ini juga akan dimeriahkan dengan Acara Selingan yang menyuguhkan kesenian Jepang dan Indonesia, persembahan mahasiswa bahasa Jepang, a.l. RAMPAK KENDANG dan Persembahan ANGKLUNG dari Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, serta Permainan TAIKO (Kendang khas Jepang) oleh Grup“KinRyuuZakura Taiko”, Universitas Bina Nusantara (UBINUS) Jakarta dan Persembahan Lagu-lagu Jepang oleh Vocal Group Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar